“Terciptanya Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi berlandaskan Imtaq dan Iptek“

Jumat, 24 Maret 2017

Pemanfaatan Barang Bekas untuk Bertanam

Barang-barang bekas biasanya terkesan tidak berguna dan cenderung akan menjadi sebuah pemandangan yang jelek apabila berserakan dimana-mana. Tidak selamanya barang bekas seperti botol-botol plastik,ban bekas, sepatu usang ataupun barang2 lainnya harus berakhir di tempat sampah. Dengan sedikit usaha plus ide kreatif, maka kita bisa merubah sesuatu yang terlihat tidak berguna menjadi sesuatu yang membawa manfaat dan memberikan keindahan. Berikut ini beberapa contoh dari penggunaan barang-barang bekas sebagai media tanam.

1. Ban Bekas
Apabila ban bekas dibiarkan menumpuk dan berserakan tidak terpakai, maka bisa menjadi sarang berkembangnya nyamuk, dan tentunya akan merugikan bagi kita. Sebagai salah alternatif, ban bekas bisa kita gunakan sebagai media untuk bercocok tanam. banyak kreasi yang bisa kita buat dengan menggunakan ban bekas untuk bertanam, apalagi apabila di cat dengan berbagai warna yang sesuai dengan selera kita, tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat.




2. Botol Plastik Bekas
Biasanya tidak sulit untuk menemukan sampah-sampah berupa botol plastik di lingkungan sekitar kita. saat ini botol-botol plastik sudah dimanfaatkan oleh banyak orang baik itu untuk dijual ataupun sebagai pot untuk menanam tanaman. Banyak kreasi yang bisa kita buat dengan memanfaatkan sampah dari botol plastik tersebut, baik itu sebagai pot tanaman yang digantung, di tempel ke dinding ataupun lain sebagainya.








3. Talang Air Bekas
Dengan memanfaatkan pipa paralon ataupun talang air bekas tidak terpakai, kita bisa membuat taman bunga yang di gantung dan terlihat elok dipandang. Selain itu talang air bisa kita manfaatkan untuk menanam berbagai jenis bunga ataupun sayuran, baik itu yang menggunakan tanah, ataupun dengan cara hidrophonik.




4. Galon Bekas
Jika kamu punya galon yang sudah bocor ataupun tidak terpaki lagi sebaiknya tidak usah dibuang. Galon bekas bisa kita kreasikan sebagai pot tanaman yang bernilai unik dan memberikan keindahan sebagai penghias taman. tentunya dengan sedikit polesan menggunakan cat yang tidak membutuhkan modal yang banyak, kita bisa membuat sebuah pot yang cukup keren.


5. Sepatu Bekas
Nah, hampir di setiap rumah tentunya bisa ditemukan sepatu-sepatu bekas yang sudah rusak dan yang tidak terpakai. biasanya sih kalau masih bisa kita berikan atau sumbangkan kepada orang lain tentunya bisa bermanfaat bagi orang lain. namun apabila sepatu tersebut sudah tidak layak pakai, maka tidak ada salahnya jika kita kreasikan sebagai tempat untuk menanam bunga yang tentunya terlihat unik dan menarik.


6. Kotak bekas
Punya kotak bekas di rumah? terserah apa saja, yang penting bisa bisa tahan terhadap air ataupun tanah untuk waktu yang cukup lama. Jika ada tentu kotak-kotak tersebut bisa kita manfaatkan sebagai pengganti pot plastik untuk menanam tanaman.Styrofoam, kotak papan, Kotak chasing CPU, dll. bisa kita manfaatkan untuk menanam bunga ataupun tanaman lainnya.



Dari beberapa contoh pemanfaatan barang bekas untuk bertanam di atas, tentunya masih bnyak lagi jenis barang bekas yang bisa kita manfaatkan dan kita kreasikan untuk menanam tanaman bunga, sayur-sayuran dan yang lainnya. Dengan memanfaatkan segala bentuk dan jenis dari barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat kembali, maka kita sudah ikut membantu mengatasi permasalahan tentang sampah sekaligus turut menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya sampai disitu tentunya, dengan keseriusan, maka bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu hal yang memberi nilai ekonomis bagi kita. Tentunya diawali dengan niat dan usaha yang dilakukan. Semoga bisa bermanfaat. (By Z)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar