“Terciptanya Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi berlandaskan Imtaq dan Iptek“

Selasa, 21 Maret 2017

SDN 1 Kota Jambi, Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata

Sebagai sebuah institusi pendidikan dasar yang terkemuka di Kota Jambi, SDN 1 Kota Jambi tak kunjung reda menunjukkan eksistensinya di dalam dunia pendidikan. Setelah sukses dengan berbagai prestasi akademik dan non-akademik, kini SDN 1 Kota Jambi tengah berbenah meniti jalan untuk menuju Sekolah Adiwiyata. 
 
Gedung Kantor SDN 1 Kota Jambi
Di bawah komando Ibu Yulita, M.Pd., seorang Kepala Sekolah yang telah banyak berprestasi dan juga telah berhasil menunjukkan kesuksesannya membawa sekolah yang sebelumnya beliau pimpin menjadi sekolah Adiwiyata Nasional. Kini, untuk melanjutkan prestasinya tersebut, beliau juga kembali termotivasi untuk membawa SDN 1 Kota Jambi untuk mampu menunjukkan kelasnya sebagai sekolah favorit dan unggulan menjadi sekolah Adiwiyata hingga ke tingkat nasional. 
 
Ibu Yulita, M.Pd. memberikan contoh membuang sampah sesuai tempatnya

Sesuai dengan visi SDN 1 Kota Jambi "Terciptanya sekolah peduli  dan berbudaya lingkungan, berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi berlandaskan Imtaq dan Iptek", maka sudah sepatutnya SDN 1 Kota Jambi mampu untuk menjadi salah satu ikon Sekolah Adiwiyata, khususnya di Kota Jambi. Sebuah sekolah yang mampu menjalankan amanat pendidikan bagi para siswa, sekaligus sebuah sekolah yang mampu mengajarkan dan menanamkan kepedulian para siswa terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup.
 
Guru bersama para siswa/i melakukan penghijauan sekolah
Berbagai upaya telah dijalankan oleh SDN 1 Kota Jambi dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata, mulai dari mengajarkan arti dan pentingnya kebersihan dan membiasakan untuk peduli terhadap lingkungan sekolah kepada seluruh siswa dan warga sekolah.

Pendopo Sekolah, tempat santai dan beristirahat bagi warga sekolah
Selain itu, SDN 1 Kota Jambi juga melakukan penghijauan sekolah, memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang layak guna, melakukan kegiatan berbasis partisipatif dengan pihak terkait, serta melakukan penglolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah secara efektif dan efisien.

Salah satu sudut SDN 1 Kota Jambi
Tujuan akhir dari program adiwiyata yang sedang digalakkan SDN 1 Kota Jambi ini nantinya adalah terbentuknya SDN 1 Kota Jambi menjadi sebuah sekolah berwawasan lingkungan, yaitu sekolah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya. Pengajaran yang berbasis lingkungan dan kesadaran warga sekolah akan pentingnya kelastarian lingkungan hidup. Semoga saja, SDN 1 Kota Jambi mampu untuk terus berlari meraih segala bentuk prestasi dan tetap terus hidup dalam berbagai inovasi. (By Z)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar