“Terciptanya Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, berbudi pekerti luhur, unggul dalam prestasi berlandaskan Imtaq dan Iptek“

Selasa, 27 Januari 2015

SDN 1 Kota Jambi Tetap Menggunakan Kurikulum 2013

    SD Negeri 1 Kota Jambi sebagai salah satu sekolah yang menjadi sekolah piloting di Kota Jambi tetap menggunakan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Memang pada awal munculnya Kurikulum 2013 sempat menimbulkan berbagai argumen yang pro dan kontra, namun pada akhirnya hal tersebut juga tidak sepenuhnya menuai penolakan. Berbagai pihak disebut meminta izin untuk tetap menggunakan Kurikulum 2013 setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya, Anis Baswedan, untuk mengeluarkan kebijakan penghentian penggunaan Kurikulum 2013.

    Sementara itu, menurut Kepala Sekolah SD Negeri 1 Kota Jambi, Ibu Yulita M.Pd. memberikan keterangannya mengapa SD Negeri 1 Kota Jambi tetap melaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013. Menurut beliau meski terdapat berbagai polemik tentang penggunaan Kurikulum 2013 di berbagai sekolah, namun kita tetap menggunakan kurikulum tersebut sembari menunggu hasil evaluasi selanjutnya yang dilakukan oleh dinas terkait. Menurut kami Kurikulum 2013 tentulah memang perlu diterapkan di sekolah-sekolah karena perubahan dari kurikulum tersebut telah sesuai dengan tuntutan perubahan dan kemajuan zaman. 
Ibu Yulita, M.Pd. Kepala SDN 1 Kota Jambi
    Dalam kurikulum 2013 juga dijelaskan bahwa di sana tidak ada lagi pelajaran Bahasa Inggris ataupun TIK yang juga dinilai sangat penting sebagai modal dasar bagi para siswa didik untuk mengikuti tuntutan dan perkembangan zaman tersebut. untuk itu kami tetap tidak menghilangkan kedua mata pelajaran tersebut dan tetap melaksanakannya di SD Negeri 1 Kota Jambi karena kami merasa mampu dan memiliki sarana dan prasarana untuk itu semua. Bagaimanapun juga, Kurikulum 2013 tentu bisa memberikan nilai yang positif apabila diterapkan dan dilaksanakan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar